Politeknik PU Semarang Gelar Seminar Nasional Digital Construction

- Rabu, 7 Desember 2022 | 18:30 WIB
- SEMINAR- Politeknik Pekerjaan Umum (PU) Semarang menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pameran Kedua Tahun 2022, Selasa (6/12/2022), di Hotel Patra Semarang. Foto : hariseff
- SEMINAR- Politeknik Pekerjaan Umum (PU) Semarang menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pameran Kedua Tahun 2022, Selasa (6/12/2022), di Hotel Patra Semarang. Foto : hariseff

POJOKSEMARANG.COM - Politeknik Pekerjaan Umum (PU) Semarang menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pameran Kedua Tahun 2022, Metode dan Teknologi Bidang Konstruksi dengan tema “Digital Construction dalam Rangka Akselerasi Pelaksanaan Konstruksi Berkelanjutan.”

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam arahannya pada Hari Bakti PU ke-77 mengatakan, Seminar Nasional dan Pameran Kedua Tahun 2022 ini merupakan upaya untuk menghasilkan produk konstruksi yang berkualitas baik, berestetika tinggi dan ramah lingkungan untuk keberlanjutan.

Direktur Politeknik Pekerjaan Umum (PU) Semarang,  Prof. Ir. Indratmo, M.Sc., Ph.D. mengatakan, penyelenggaraan Seminar Nasional ini merupakan penyelenggaraan yang kedua, setelah penyelenggaraan Seminar Nasional Pertama Politeknik Pekerjaan Umum yang sukses pada tahun lalu.

“Penyelenggaraan Seminar Nasional pada tahun ini menghadirkan para pembicara dari pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, para profesional pelaku industri/jasa konstruksi (Dunia Usaha/Dunia Industri), para akademisi, dan masyarakat pemerhati sektor konstruksi,” kata Indratmo, di Patra Semarang Hotel & Convention, Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (6/12/2022).

Diharapkan Seminar Nasional dan Pameran pada tahun ini dapat menjadi upaya untuk mempertemukan dan implementasi model quadruple helix dalam pengelolaan pendidikan vokasi; yang melibatkan dunia pendidikan, dunia usaha/swasta, Pemerintah selaku pengambil kebijakan, dan masyarakat.

Menurutnya, interaksi keempat pihak tersebut diharapkan dapat menghasilkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berakar pada implementasi di dunia nyata dalam bidang konstruksi, dan khususnya untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia di lingkungan Politeknik Pekerjaan Umum.

“Hal ini merupakan upaya taut-dan-sesuai (link-and-match) antara dunia pendidikan dan dunia ketenagakerjaan,” ucapnya.

Seminar ini akan memberikan pengaruh positif terhadap pembangunan dan pengalaman nyata dengan hadirnya para ahli dan praktisi di bidang pekerjaan umum. Politeknik PU Semarang menyadari konstruksi merupakan salah satu bidang usaha yang memiliki nilai strategis dalam perekonomian nasional.

Berbagai jenis infrastruktur dalam wujud aset fisik berfungsi memberi layanan untuk aktivitas sosial-ekonomi masyarakat, serta menjadi social overhead capital bagi pembangunan dan pembentuk lingkungan terbangun (Built environment) sebagai tindakan peradaban suatu bangsa.

Halaman:

Editor: Haris Effendi

Tags

Terkini

'Investor Masa Depan' Sambangi Main Hall BEI

Senin, 30 Januari 2023 | 21:30 WIB

Sambut Imlek, JNE Gelar Ragam Program Menarik

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:00 WIB

Mbak Ita Siap Sukseskan HPN 2023

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:00 WIB
X