Kolaborasi dengan Semen Gresik, PWI Jawa Tengah Adakan UKW ke-36 di Kampus USM

- Selasa, 6 Desember 2022 | 03:59 WIB
Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud. (foto:ist)
Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud. (foto:ist)

POJOKSEMARANG.COM - Sebanyak 14 peserta akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Jawa Tengah di Kampus Universitas Semarang (USM) Jalan Soekarno Hatta Semarang pada Kamis-Jumat (8-9/12).

Penyelenggaraan UKW yang ke-36 oleh PWI Jawa Tengah ini merupakan kolaborasi dengan PT Semen Gresik (PTSG). Ini menjadi kesekian kali PWI Jateng dengan Semen Gresik bekerjasama dalam pelaksanaan peningkatan profesionalitas wartawan.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS mengatakan, tujuan UKW diantaranya meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, sebagai sistem evaluasi kinerja wartawan dan mengangkat martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual.

Menurutnya, UKW telah menjadi mahkota kegiatan PWI Jateng. Mengapa UKW penting karena wartawan yang kompeten tidak hanya mewakili martabat dirinya sendiri dan media, namun mewakili kehormatan organisasi profesi.

Baca Juga: Arus Informasi Kian Deras, Diskominfo Hadirkan Aplikasi Dokusida


Dirinya sangat bersyukur, langkah strategis PWI Jateng memasifkan UKW mendapatkan respons sangat baik dari berbagai stakeholder dan mitra PWI, termasuk PWI Pusat. Bahkan, PWI Jateng mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat sebagai penyelenggara terbanyak UKW selama kurun waktu 18 November 2018 - Oktober 2022 dengan 16 kali kegiatan dan diikuti 385 peserta.


''Melalui penghargaan yang diserahkan pada Konkernas di Malang lalu, kami terpacu untuk menjadikan UKW sebagai program unggulan. Bagi kami, menjadi wartawan tidak cukup berbekal kecakapan teknis, tapi juga membekali dengan tanggung jawab sosial yang mengedepankan nurani. Dan UKW mendorong wartawan memiliki nurani atas karya jurnalistiknya seperti digariskan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), serta taat pada UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, ” kata Amir Machmud NS.


Bersamaan dengan ini Amir menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Semen Gresik pabrik Rembang yang sudah enam kali mendukung kegiatan UKW PWI Jateng. Apresiasi senada juga diberikan kepada USM yang responsif dan berinisiatif menjadi tempat digelarnya UKW. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk respek luar biasa para mitra terhadap peningkatan kapabilitas wartawan.

Baca Juga: Ada Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Apindo Ajak Pengusaha Ikutkan Karyawannya Program BP Jamsostek

Sementara itu, Senior Manager of Communnication & CSR PTSG, Dharma Sunyata menuturkan, dukungan program UKW sebagai bentuk partisipasi perusahaan turut mendukung PWI menguatkan kapasitas wartawan agar lebih kompeten dan kompeten dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

Halaman:

Editor: Alkomari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

'Investor Masa Depan' Sambangi Main Hall BEI

Senin, 30 Januari 2023 | 21:30 WIB

Sambut Imlek, JNE Gelar Ragam Program Menarik

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:00 WIB

Mbak Ita Siap Sukseskan HPN 2023

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:00 WIB
X