Presiden Jokowi Pastikan Pembangunan Kembali Rumah Korban Gempa Cianjur Segera Dimulai

- Senin, 5 Desember 2022 | 11:49 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau relokasi korban gempa Cianjur. (foto:setkab)
Presiden Jokowi saat meninjau relokasi korban gempa Cianjur. (foto:setkab)

POJOKSEMARANG.COM - Pembangunan kembali rumah bagi korban gempa Cianjur akan segera dimulai. Diharapkan ekonomi masyarakat yang terkena dampak gempa Cianjur bisa kembali pulih.

Kepastian ini disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau dan menyapa para penduduk yang mengungsi di Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Senin (05/12/2022).

Usai melakukan peninjauan, Presiden memastikan bahwa para pengungsi dalam keadaan baik. “Ya pengungsi tadi semuanya kita lihat sehat, tetapi yang paling banyak memang ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai,” ujar Presiden seperti yangb dikutip dari laman setkab.

Presiden menegaskan, kedatangannya di Cianjur juga untuk memastikan pembangunan rumah bagi warga terdampak yang direlokasi dapat dimulai pada hari ini. “Saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama, yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya,” katanya.

Baca Juga: Arus Informasi Kian Deras, Diskominfo Hadirkan Aplikasi Dokusida

Presiden pun memastikan bahwa pemilihan kawasan relokasi bagi warga tersebut sudah melalui kajian dari instansi yang berwenang di bidangnya sehingga dipastikan lebih aman bagi warga. “Itu sudah lewat kajian dari BMKG dan dari instansi yang terkait, Badan Geologi sudah semuanya,” tandasnya.

 

Sementara itu, untuk bantuan bagi rumah warga terdampak yang bukan relokasi akan diberikan mulai Kamis (08/12/2022) mendatang setelah selesai proses verifikasi. Bantuan yang diberikan adalah Rp50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp25 juta untuk rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rusak ringan.

“Nanti hari Kamis—ini baru persiapan termasuk verifikasi semuanya selesai—nanti hari Kamis untuk bantuan yang bukan relokasi, yang bantuan Rp50 juta, Rp25 juta, dan Rp10 juta juga akan diberikan hari Kamis,” terangnya.

Halaman:

Editor: Alkomari

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

'Investor Masa Depan' Sambangi Main Hall BEI

Senin, 30 Januari 2023 | 21:30 WIB

Sambut Imlek, JNE Gelar Ragam Program Menarik

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:00 WIB

Mbak Ita Siap Sukseskan HPN 2023

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:00 WIB
X