Arus Informasi Kian Deras, Diskominfo Hadirkan Aplikasi Dokusida

- Senin, 5 Desember 2022 | 11:35 WIB
Peluncuran Aplikasi Dokusida oleh Diskominfo Jateng. (foto:jatengprov)
Peluncuran Aplikasi Dokusida oleh Diskominfo Jateng. (foto:jatengprov)

POJOKSEMARANG.COM - Derasnya informasi dan semakin pesatnya arus pertukaran informasi menuntut sebuah dokumentasi yang baik bagi instansi pemerintah. Untuk itu Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah meluncurkan aplikasi Dokusidia (Dokumentasi Informasi Media).

Aplikasi ini dimaksudkan untuk mendokumentasikan seluruh informasi yang diproduksi internal dinas, maupun yang telah beredar di media, agar dapat dimanfaatkan sebagai referensi terukur.

Aplikasi yang digagas Kasi Hubungan Media dan Komunikasi Publik Enrico Adrian Ramandha ini, bukan hanya bermanfaat bagi internal Diskominfo. Dokusidia dapat dimanfaatkan oleh media massa arus utama untuk mendapatkan referensi, dan klarifikasi berita.

Baca Juga: Ada Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Apindo Ajak Pengusaha Ikutkan Karyawannya Program BP Jamsostek

Enrico mengatakan, dengan Dokusidia dokumentasi pemberitaan disusun secara digital. Hal itu, menurutnya, akan memunculkan nilai tambah dan adaptasi perkembangan teknologi di Diskominfo Jateng. Selain itu, nantinya aplikasi tersebut akan dikembangkan agar dapat diakses oleh kalangan luar. Mulai dari akademisi, media massa hingga masyarakat.

Baca Juga: Kebebasan Pers Jangan Diisi Pelanggaran Yang Memperburuk Citra Wartawan

“Hingga kini, belum ada aplikasi yang digunakan untuk dokumentasi informasi media. Dengan Dokusidia, diharapkan menjadi sumber informasi guna membendung misinformasi,” ujar Enrico, saat peluncuran Dokusidia, di Kantor Diskominfo Jateng, Senin (5/12/2022) seperti yang dikutip dari laman jatengprov.

Dia menjelaskan, hingga 2021 nilai survei kepuasan masyarakat terhadap layanan informasi dan komunikasi publik mencapai 80,88 poin dari target 71 poin. Hal itu berlaku pula pada konten informasi yang disebarluaskan, telah mencapai 140 poin dari target 132 poin.

Tidak hanya dikembangkan sebagai program perubahan, Dokusidia dirancang dapat direplikasi dan berkelanjutan guna meningkatkan mutu pelayanan publik. (***)

Halaman:

Editor: Alkomari

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

'Investor Masa Depan' Sambangi Main Hall BEI

Senin, 30 Januari 2023 | 21:30 WIB

Sambut Imlek, JNE Gelar Ragam Program Menarik

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:00 WIB

Mbak Ita Siap Sukseskan HPN 2023

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:00 WIB
X