Rayakan Hari Menanam Pohon Indonesia, PLN Tanam Ribuan Pohon Lewat 'Green Living Ecosystem'

- Selasa, 29 November 2022 | 06:00 WIB
- TANAM POHON- PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah melaksanakan Program Green Living Ecosystem. Foto : Hariseff
- TANAM POHON- PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah melaksanakan Program Green Living Ecosystem. Foto : Hariseff

POJOKSEMARANG.COM – Bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang diperingati setiap tanggal 28 November, PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah melaksanakan Program Green Living Ecosystem. Melalui program penghijauan tersebut, PLN UIT JBT melakukan penanaman lebih dari 1200 bibit pohon produktif secara serentak, tersebar di 5 kabupaten/kota yakni Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Semarang, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bogor.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono mengatakan, Program Green Living Ecosystem merupakan program pelestarian lingkungan untuk mengurangi emisi/karbon melalui penanaman pohon. Program ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) ke 15, untuk melakukan konservasi dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan.

“Program ini menjadi komitmen PLN untuk memitigasi perubahan iklim, melestarikan lingkungan dan satwa liar, sekaligus meningkatkan nilai ekonomi untuk masyarakat melalui penanaman tanaman produktif,” kata Tejo.

Adapun jenis pohon yang dipilih dalam program penanaman tahun 2022 ini merupakan jenis pohon buah produktif, diantaranya Sawo, Rambutan, Mangga, Alpukat, Jeruk, dsb. Pohon-pohon tersebut merupakan jenis pohon yang ketinggiannya tidak akan berpotensi mengganggu jaringan listrik PLN serta dapat menghasilkan buah produktif.

“Apabila bertumbuh dan berbuah, pohon-pohon ini akan mendatangkan manfaat ekonomi bagi kelompok/komunitas terkait yang turut serta dalam program ini,” tambah Tejo.

Kegiatan Penanaman Pohon dalam Program Green Living Ecosystem di PLN UIT JBT juga turut melibatkan partisipasi aktif para pegawai serta bekerjasama dengan komunitas setempat. Keterlibatan komunitas, kelompok tani dan stakeholder tersebut penting untuk menjaga keberlanjutan program melalui perawatan dan pemantauan secara berkala.

“Setelah menanam, tentu selanjutnya adalah melakukan pemantauan dan perawatan terhadap pohon-pohon buah produktif yang kita tanam, agar hidup, berkelanjutan, sehingga tujuan-tujuan dari program ini dapat tercapai,” terang Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, Dyan Prasetya Rini dalam sambutannya pada acara Penanaman Pohon dalam Program Green Living Ecosystem di Desa Mekarsari, Kabupaten Purwakarta pada Senin (28/11/2022).

Sementara itu, Camat Darangdan, Drs. Al Idrus Nur Hasan menyambut baik program yang diinisiasi PLN tersebut dan mengajak segenap masyarakat di Desa Mekarsari untuk turut memelihara dan merawat pohon sehingga bermanfaat meningkatkan ekonomi.

“Semoga melalui program ini warga semakin peduli untuk menjaga jalur Transmisi. Kita sama-sama pelihara jalur strategis yang berkaitan dengan penerangan masyarakat ini," kata Al Idrus.

Halaman:

Editor: Haris Effendi

Tags

Terkini

'Investor Masa Depan' Sambangi Main Hall BEI

Senin, 30 Januari 2023 | 21:30 WIB

Sambut Imlek, JNE Gelar Ragam Program Menarik

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:00 WIB

Mbak Ita Siap Sukseskan HPN 2023

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:00 WIB
X