• Sabtu, 10 Desember 2022

Stok Vaksin Meningitis Menipis, Biro Umroh Diminta Data Calon Jemaahnya

- Rabu, 28 September 2022 | 12:18 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (foto:jatengprov)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (foto:jatengprov)
POJOKSEMARANG.COM - Biro travel dan dinas terkait diminta untuk melakukan pendataan calon jemaah umrahnya terkait ketersediaan vaksin. Hal itu untuk memastikan ketersediaan stok vaksin meningitis yang disebut menipis.
 
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku akan terus memantau stok vaksin meningitis. Komunikasi juga sudah dilakukan dengan pemerintah pusat dan pabrik produsen vaksin.
 
“Sampai hari ini kita masih pantau, selalu saja dalam kondisi seperti ini kita coba komunikasi dengan pusat, dua dengan pabrikan. Kenapa dengan pabrikan, ini menjadi cara yang menurut saya paling gampang. Inisiatif,” ujar Ganjar, seusai menerima pimpinan pusat Al Irsyad Al Islamiyyah dalam rangka menyampaikan kegiatan muktamar ke-41 Purwokerto, di rumah dinasnya, Selasa (27/9/2022) seperti yang dikutip dari laman jatengprov.
 
Ganjar tak memungkiri, saat ini banyak masyarakat di Jawa Tengah khususnya, yang akan pergi melaksanakan ibadah umrah. Vaksin meningitis menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.
 
“Saya mengikuti di bandara-bandara, biro travel juga luar biasa. Tapi insyaallah lah kita akan coba membantu calon jemaah umrah agar mereka lancar, biar kami nanti ikut membantu mencari (vaksin meningitis),” ujarnya.
 
Terkait kondisi ini, Ganjar telah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pendataan.
 “Dinas terus kemudian biro travel agar bareng-bareng (menghitung) berapa jumlahnya, agar kita bisa ukur. Kadang-kadang kalau nggak ada laporan dan tiba tiba nggak ada, juga kaget,” katanya.
 
Selain itu, Ganjar juga mengatakan keterbatasan stok vaksin akibat waktu pengiriman yang terlambat. “Mungkin hanya butuh waktu delivery terlambat, itu yang nanti coba kita komunikasikan,” tegasnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yunita Dyah Suminar mengatakan, hingga kini komunikasi terus dilakukan dengan Kementerian Kesehatan. Dia menjelaskan, keterbatasan stok vaksin meningitis terjadi di pusat, dan sedang proses penyediaan.
 
“Terkait vaksin meningitis, ada kelambatan produksi dari negara yang membuat vaksin meningitis. Informasi terbaru, Oktober akan tersedia kembali di  Indonesia,” tandasnya. (***)

Editor: Alkomari

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Ngaliyan Terbakar, Sejumlah Kios Pedagang Ludes

Jumat, 9 Desember 2022 | 05:17 WIB

KIK Kendal Serap 17.650 Tenaga Kerja, Gaji Diatas UMK

Jumat, 9 Desember 2022 | 05:08 WIB

JNE Serahkan 3,2 Ton Bantuan ke Pemkab Cianjur

Rabu, 7 Desember 2022 | 17:00 WIB
X