• Sabtu, 10 Desember 2022

Kisah Eks Napiter Nanang Irawan Yang Pandai Bikin Bom Teror

- Kamis, 22 September 2022 | 07:53 WIB
Eks napiter, Nanang Irawan sebelah kanan saat menerima kenang kenangan dari panitia seminar kebangsaan. (foto:alkomari)
Eks napiter, Nanang Irawan sebelah kanan saat menerima kenang kenangan dari panitia seminar kebangsaan. (foto:alkomari)
POJOKSEMARANG.COM - Nanang Irawan eks napiter mengajak generasi muda untuk tidak belajar agama pada orang yang tidak tepat. Belajar agama dipersilahkan, namun yang penting jangan terlalu mudah percaya pada satu orang ustadz saja.
 
Dirinya mengaku pernah menjadi bagian dari teroris lantaran belajar agama yang tidak tepat yakni mudah percaya pada satu ustadz saja.
 
"Dulu saya mengaji hanya pada satu ustadz dan saya terlalu mudah percaya untuk mengikutinya. Maka itu anak-anak muda ini kalau mengaji jangan langsung percaya sama satu ustadz, kalau mengaji dicatat lalu tanyakan ke ustadz yang lain bagaimana," terangnya saat menjadi pembicara dalam seminar kebangsaan di Solo, Rabu (21/9).
 
Nanang Irawan memang semasa sekolah tergolong anak yang pintar. "Waktu SMA saya satu jelas rangking satu, satu sekolahan juga rangking satu," tuturnya.
 
 
Nanang pernah menginjak bangku kuliah sebuah kampus  di Solo. Niatnya yang ingin serius mempelajari agama akhirnya menyeretnya pada dunia terorisme.
 
Saat menjadi teroris, dirinya mengaku memang menjadi orang lapangan yang tugasnya mengebom tempat-tempat tertentu. "Saya belajar banyak sampai keluar negeri, bahkan sekarang dilepas ke pasar saja saya bisa beli bahan untuk bikin bom," urainya.
 
Kini Nanang Irawan menyesali dulu pernah terjerumus lebih dalam menjadi teroris yang mudah mengkafirkan orang lain. "Saya sampai tahu betul ayat ayat apa yang dipakai untuk mendoktrin tindakan teror, itu lebih pada penafsiran ayat saja yang salah," tandasnya.
 
"Kalau saya ceritakan bisa lama waktunya, ini ga cukup disini. Ceritanya panjang hingga saya kembali seperti ini," tandasnya. (***)
 

Editor: Alkomari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasar Ngaliyan Terbakar, Sejumlah Kios Pedagang Ludes

Jumat, 9 Desember 2022 | 05:17 WIB

KIK Kendal Serap 17.650 Tenaga Kerja, Gaji Diatas UMK

Jumat, 9 Desember 2022 | 05:08 WIB

JNE Serahkan 3,2 Ton Bantuan ke Pemkab Cianjur

Rabu, 7 Desember 2022 | 17:00 WIB
X