• Minggu, 2 Oktober 2022

Rawa Pening Hampir Tertutup Enceng Gondok, BBWS Pemali Bersama Jasa Tirta I Tebar Benih Ikan

- Senin, 1 Agustus 2022 | 08:35 WIB
Penyebaran benih ikan di Rawa Pening Tuntang Kabupaten Semarang. (foto:bumn)
Penyebaran benih ikan di Rawa Pening Tuntang Kabupaten Semarang. (foto:bumn)

 

POJOKSEMARANG.COM - Rawa Pening dan enceng gondok seakan tidak bisa dipisahkan. keberadaan keduanya selalu menghiasi danau alami di hulu Sungai Tuntang yang terletak di Kabupaten Semarang.

Rawa Pening sendiri memiliki banyak manfaat seperti untuk penyediaan air baku, budidaya ikan, suplai irigasi hingga pariwisata. Kondisi permukaan danau Rawa Pening sempat tertutup oleh eceng gondok. Setidaknya lebih dari 80 persen permukaannya telah dipenuhi oleh gulma air tersebut.

Hal ini tentu dapat menurunkan fungsi danau, terutama dari sisi kualitas airnya. Sisa tanaman yang membusuk dan tenggelam di dasar waduk juga mengakibatkan penurunan kapasitasnya, sehingga dapat mengurangi ketersediaan air Sungai Tuntang.

Baca Juga: Kota Lama Makin INdah dan Instagramable Seusai Direvitalisasi PT Brantas Abipraya

Seperti yang terlihat saat ini, Pemerintah melalui BBWS Pemali Juana telah berupaya melakukan pembersihan eceng gondok. Hasilnya saat ini tutupan eceng gondok di danau Rawa Pening sudah jauh berkurang. 

Untuk menangani permasalahan danau Rawa Pening diperlukan keterlibatan multisektor. Selaku BUMN pengelola sumber daya air di Wilayah Sungai (WS) Jatun Seluna, PJT I turut berkontribusi dalam upaya konservasi ekosistem danau.

Untuk itu, Rabu, 27 Juli 2022 PJT I bersama instasi dan stakeholder terkait melakukan penebaran benih ikan di danau Rawa Pening. Seremonial acara dilaksanakan di area wisata Bukit Cinta, Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang. Pada kegiatan dimaksud dilakukan penebaran 50.000 ekor benih ikan nila dan karper.

Sejumlah pihak turut terlibat diantaranya Pemerintah Daerah Kab. Semarang, BBWS Pemali Juana, Dinas Pusdataru Jawa Tengah, PT Indonesia Power, serta masyarakat kelompok nelayan di sekitar Waduk Rawa Pening.

Halaman:

Editor: Alkomari

Sumber: bumn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X