• Minggu, 2 Oktober 2022

Transformasi Digital, MAN 1 Jepara Kenalkan Program Madrasah Digital

- Jumat, 10 Juni 2022 | 09:25 WIB
MAN 1 Jepara mulai mengenalkan program madrasah digital mulai 2022/2023. (foto:jatengprov)
MAN 1 Jepara mulai mengenalkan program madrasah digital mulai 2022/2023. (foto:jatengprov)

POJOKSEMARANG.COM - Terobosan baru dilakukan Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Jepara dalam menyambut tahun ajaran baru 2022/2023. Terobosan baru itu berupa program madrasah digital yang sudah mulai diluncurkan, Kamis (9/6).

Madrasah digital sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan teknologi yang serba digital dalam transfer ilmu pada dunia pendidikan, termasuk di lingkungan sekolah madrasah aliah. Sehingga transformasi digital dalam pembelajaran mulai dilakukan MAN 1 Jepara.

Kepala MAN 1 Jepara Ahmad Rifan mengatakan, digitalisasi madrasah sengaja disiapkan untuk tahun ajaran 2022/2023. Program tersebut terdiri dari tiga komponen, yakni bidang layanan umum dan kehumasan, bidang akademik, serta bidang transparansi keuangan.

“Dalam bidang akademik di antaranya terdapat kelas digital, perpustakaan elektronik, hingga ujian sekolah berbasis komputer. Ini tercipta dari hikmah dua tahun kita dilanda pandemi Covid-19,” terangnya seperti dikutip dari laman jatengprov.

Disampaikan, dalam bidang layanan umum dan kehumasan, ada situs web, informasi akademik, aduan masyarakat, presensi daring, baik siswa maupun guru, hingga penerimaan peserta didik baru daring. “Kemudian di bidang transparansi keuangan, ada aplikasi untuk pembayaran secara digital,” lanjutnya.

Baca Juga: Ingat, Penonton Piala Presiden 2022 Dibatasi 75 Persen dari Kapasitas Stadion dan Wajib Vaksin

Apresiasi disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta kepada seluruh jajaran MAN 1 Jepara, dalam memberikan pelayanan lebih baik. Yaitu, senantiasa beradaptasi dengan merespons perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Edy berharap, program tersebut menjadi percontohan bagi sekolah yang lain.

Disampaikan, peningkatan standar mutu dan kualitas madrasah menjadi kunci utama, dalam mencetak dan mempersiapkan generasi emas Indonesia. “Ini sebabnya, transformasi digital menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Perkembangan TIK yang demikian pesat, harus cepat kita respons,” tuturnya.

Menurut Edy, pendidikan dan pembelajaran melalui madrasah ataupun pesantren, membutuhkan afirmasi dan dukungan kebijakan, agar mampu bersaing secara global. Karenanya, peningkatan SDM pengajar, literasi digital, sarana dan prasarana serta infrastruktur TIK harus masif dilakukan.

Halaman:

Editor: Alkomari

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X