• Sabtu, 28 Mei 2022

Sempat Menutup Jalan Desa, Begini Evakuasi Material Tanah Longsor di Temanggung

- Kamis, 12 Mei 2022 | 14:13 WIB
Evakuasu material tanah longsor di Temangung. (foto:jatengprov)
Evakuasu material tanah longsor di Temangung. (foto:jatengprov)

POJOKSEMARANG.COM - Evakuasi material longsor yang menutup jalan penghubung Desa Krempong dan Desan Sucen Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung sudah dilakukan dengan alat berat.

Evakuasi material longsor tersebut dilaksanakan bersama Pemerintah Kecamatan Gemawang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Temanggung.

“Setelah dapat laporan dari perangkat desa pagi ini, saya kemudian berkoordinasi dengan BPBD dan DPUPR. Karena longsor menutup jalan desa, sehingga butuh alat berat,” terang Camat Gemawang, Marlina Tarigan, saat meninjau lokasi longsor, seperti dikutip dari laman jateng prov.

Ia memperkirakan pembersihan material longsor akan memakan waktu sekitar satu hingga dua hari. Hal tersebut karena ketebalan material longsor yang menutupi jalan hampir mencapai empat meter.

Baca Juga: Perempuan Ahli Gizi Warnai Kekuatan Persija Jakarta Kompetisi Liga 1 2022/2023

“Dalam satu dua hari ini kita upayakan agar sepeda motor bisa lewat dulu, namun untuk mobil mungkin perlu waktu lebih lama,” ujarnya.

Disinggung terkait kerugian, Marlina belum bisa memastikan. Sejauh ini hanya lahan kopi siap panen yang mengalami kerusakan, namun kerugian yang paling besar adalah tertutupnya akses jalan desa yang menjadi jalur ekonomi warga.v“Warga terpaksa harus memutar lebih jauh,” tandasnya.

Semetara itu, di tempat yang sama Kepala Desa Krempong, Suyatno, menceritakan, longsor terjadi sekitar pukul 03.00 WIB Rabu (10/5/2022) dini hari. Saksi mata yang kali pertama melihat adalah penjual sayuran keliling yang baru melintas di jalur tersebut.

“Yang longsor tebing setingi 75 meter. Saat itu tidak ada hujan, cuma memang tanah di lokasi sangat labil,” terang Marlina.

Halaman:

Editor: Alkomari

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X