• Sabtu, 28 Mei 2022

Poin Penting Yang Wajib Dicek Sebelum Motor Dipakai Perjalanan Mudik

- Selasa, 26 April 2022 | 13:31 WIB
Pengecekan kendaraan sebelum dipakai perjalanan mudik. (foto:ist)
Pengecekan kendaraan sebelum dipakai perjalanan mudik. (foto:ist)

POJOKSEMARANG.COM - Bagi yang ingin melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan digunakannya.

Untuk sepeda motor, pemudik wajib melakukan pengecekan kondisi motor sebelum mudik wajib dipersiapkan demi kenyamanan selama berkendara. 

Hery Suryo selaku Technical Service Manager Astra Motor Jateng menuturkan, ada beberapa komponen motor yang perlu di cek sebelum melakukan perjalanan panjang, oleh karena itu AHASS Jateng ingin berbagi tips dan trik terkait komponen apa yang penting untuk dilakukan pengecekan lebih dahulu. 

Untuk Ban sepeda motor yang merupakan komponen utama harus kita periksa dari alur ban untuk mengetahui apakah masih tebal dan apakah tekanan angin masih sesuai dengan ukuran standarnya. Selain itu kita juga harus memperhatikan kapasitas penumpang dan barang bawaan agar tidak melebihi kapasitas kemampuan dari ban itu sendiri. 

Baca Juga: XL Axiata Angkat UMKM Perempuan Melalui Sispreneur Ajang W20

Selanjutnya pengecekan mesin sepeda motor hendaknya dilakukan minimal seminggu sebelum melakukan perjalanan mudik, hal ini dilakukan karena menghindari pergantian part yang mungkin butuh waktu untuk mencarinya. Beberapa hal yang harus di periksa pada mesin diantaranya adalah: 

  • Oli mesin dipastikan dalam keadaan baik dari kualitas ataupun kuantitasnya. 
  • Kondisi busi apakah elektroda busi masih bagus atau sudah aus. 
  • Air radiator / Collant bagi sepeda motor yang menggunakan radiator wajib di cek kualitas dan kuantitasnya agar jangan sampai mesin overheat. 

Dan rem merupakan komponen paling penting di sepeda motor yang di gunakan untuk mengurangi laju kendaraan. Hal yang perlu di periksa disini adalah kampas rem, pengendara perlu mengecek apakah kampas rem masih tebal dan minyak rem masih baik serta lampu rem menyala dengan baik agar pengendara di belakang kita tau bahwa kita mengurangi kecepatan sepeda motor

Yang tidak kalah pentingnya, penyaluran tenaga dari mesin ke roda kurang maksimal juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, untuk itu pemeriksaan kondisi rantai / drive belt pada motor matic perlu di lakukan, jika kemungkinan sudah aus atau umur pakai sudah melebihi standarnya, alangkah baiknya untuk segera diganti. 

Begitu juga kondisi baterei dan lampu sepeda motor. Mengingat sebagian orang melakukan perjalanan mudik mulai malam hari dengan beberapa pertimbangan diantaranya menghindari panas dan kemacetan. Hal ini merupakan faktor penting untuk kita wajib mengecek kondisi lampu sepeda motor serta fungsi dari speedometer di sepeda motor. Selain itu baterai sepeda motor dipastikan dalam keadaan baik, karena baterai adalah sumber arus utama di sepeda motor dan untuk mendukung kinerja maksimal dari komponen-komponen kelistrikan yang lain. 

Halaman:

Editor: Alkomari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X