• Sabtu, 28 Mei 2022

Pegawai Non ASN Pemkot Semarang Tahun Ini Mulai Dikurangi

- Kamis, 20 Januari 2022 | 05:51 WIB
Ilustrasi Balaikota Semarang. (foto:pemkotsemarang)
Ilustrasi Balaikota Semarang. (foto:pemkotsemarang)

POJOKSEMARANG.COM - Pemkot Semarang akan secara bertahap mengurangi pegawai kontrak atau Non ASN sebagai tindaklanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) No.49/2018 tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Pemkot Semarang berencana menghilangkan semua pegawai Non ASN pada 2023 mendatang. namun mulai tahun ini akan mulai ada pengurangan secara bertahap sampai benar-benar semuanya dihilangkan. 

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang, Abdul Haris mengatakan, pengurangan pegawai kontrak atau non ASN tersebut akan dilakukan sedikit demi sedikit. Disesuaikan dengan perekrutan pegawai ASN baru, baik melalui proses rekrutmen CPNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dikatakan dia, untuk proses pengkajian terkait beban kerja dan kebutuhan pegawai ASN di lingkungan Pemkot Semarang tersebut, akan dianalisis oleh Bagian Organisasi Setda Kota Semarang.

Baca Juga: Alasan Program Sejuta Rumah Kembali Dilanjutkan Tahun 2022

"Pemkot Semarang juga merencanakan untuk menghilangkan zero pegawai kontrak atau pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerjanya pada 2023," ujarnya seperti dikutip dari laman pemkot semarang.

Dikatakan, tahun ini Pemkot memperoleh alokasi formasi CPNS sebanyak 1.241, namun yang terisi sebanyak 1.155 formasi. Sehingga dengan masuknya sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) baru di lingkungan kerja dilakukan pengurangan pegawai kontrak atau non ASN. 

Berdasarkan beban anggaran, kebijakan pemerintah dan aturan yang ada, lanjut Haris, semua hal tersebut memungkinkan untuk bisa dilaksanakan. Dia menyebut, rencana pengurangan pegawai kontrak ini telah berlaku sejak 2018 dan pada 2023 harus tidak ada lagi pegawai non ASN. Khusus perekrutan PPPK, diberlakukan untuk pegawai di bidang pendidikan, kesehatan, dan pertanian.

Baca Juga: Rentetan Hasil Buruk Persija, Angelo Alessio Dicopot dari Kursi Pelatih

Halaman:

Editor: Alkomari

Sumber: semarangkota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X