• Sabtu, 28 Mei 2022

Parkir Elektronik Bakal Diterapkan di Kota Semarang Awal Februari

- Rabu, 19 Januari 2022 | 10:03 WIB
Dishub Kota Semarang berencana menerapkan parkir elektronik mulai awal Februari. (foto:pemkotsemarang)
Dishub Kota Semarang berencana menerapkan parkir elektronik mulai awal Februari. (foto:pemkotsemarang)

POJOKSEMARANG.COM - Parkir elektronik akan diujicobakan di Kota Semarang mulai awal Februari 2022 mendatang. Saat ini masih ada beberapa tahapan yang perlu disiapkan dalam penerapan parkir elektronik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang Endro P Martanto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Peraturan Wali Kota Semarang Nomor 70 Tahun 2021 tentang Pelayanan Parkir Tepi Jalan Umum dengan E-Parking. Aturan tersebut sebagai landasan hukum penerapan parkir elektronik di Kota Semarang. 

Beberapa tahapan yang sedang dilakukan Dishub untuk penerapan parkir elektronik diantaranya Dishub sedang menunggu proses kesesuaian aplikasi dengan Bank Jateng mengingat parkir elektronik ini bersifat cashless atau nontunai. Kesesuaian aplikasi ini sudah dalam tahap finishing atau penyelesaian tahap akhir. 

Baca Juga: Ekspor Terjaga, Perdagangan Surplus 35,34 Miliar Dollar AS Tertinggi Sepanjang 15 tahun

Kemudian, Dishub juga akan melakukan tahapan pelatihan bagi para juru parkir (jukir) yang bakal memungut parkir tepi jalan dengan sistem elektronik. "Kami sedang sosialisasi dan persiapan penerapan. Nanti, kami akan berikan pelatihan bagi para jukir. Awal Februari 2022 kami rencanakan untuk uji coba," terang Endro.

Baca Juga: Taklukkan Persebaya, Bhayangkara Rebut Kembali Puncak Klasemen BRI Liga 1

Dia menyebutkan, ada beberapa ruas jalan yang bakal dilakukan uji coba parkir elektronik yaitu Jalan MT Haryono atau Mataram, Jalan Agus Salim, Pekojan, dan Pungkuran. Ada sekitar 30 - 50 jukir yang akan diberi pelatihan. Penerapan parkir elektronik harus menggunakan ponsel berbasis android. 

Dishub masih tahap penjajakan dengan beberapa vendor pihak ketiga yang menawarkan pola kerjasama parkir elektonik. Pada uji coba nanti, setiap jukir menggunakan ponsel masing-masing untuk penerapan parkir elektronik. 

"Kami jajaki mana yang paling tepat dan menguntungkan untuk Kota Semarang. Karena ini sedang tahap uji coba, kami berusaha melakukan efektifitas yang penting optimal. Pada tahap awal, masih menggunakan HP android dari jukir," terangnya. (***) 

Halaman:

Editor: Alkomari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X