• Sabtu, 28 Mei 2022

Petani Tidak Perlu Khawatir, Stok Pupuk Bersubsidi Cukup

- Kamis, 13 Januari 2022 | 12:13 WIB
Penegcekan gudang pupuk untuk memastikan stok masih mencukupi. (foto:bumn)
Penegcekan gudang pupuk untuk memastikan stok masih mencukupi. (foto:bumn)

POJOKSEMARANG.COM - PT Pupuk Indonesia (Persero) meminta pengawasan pupuk bersubsidi ditingkatkan. Hal itu agar penyaluran pupuk bersubsidi tepat sasaran kepada petani yang berhak menerimanya.

Petani tidak perlu khawatir, mengingat Pupuk Indonesia memastikan stok pupuk subsidi tahun 2022 telah tersedia di gudang-gudang di berbagai daerah. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Gusrizal.

Menurutnya, stok pupuk subsidi pada awal tahun 2022 mencapai sebesar 1,13 juta ton. Rinciannya, pupuk Urea 512 ribu ton, NPK 305 ribu ton, SP-36 103 ribu ton, ZA 135 ribu Ton, dan Organik 80 ribu ton. Stok tersebut mencukupi untuk kebutuhan hingga satu bulan ke depan. 

“Kami saat ini tengah gencar meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah, agar stok pupuk subsidi di gudang-gudang kami dapat segera tersalurkan sesuai alokasi pemerintah,” ujar Gusrizal seperti dikutip dari laman bumn. 

Adapun bentuk pengawasan Pupuk Indonesia adalah sesuai prinsip 6 tepat, yaitu tepat mutu, tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat, tepat jenis, dan tepat harga. 

Baca Juga: Jelang MotoGP 2022, Presiden Jokowi Jajal jalur Bypass Mandalika

Untuk memastikan tepat mutu, Pupuk Indonesia secara berkala melakukan pengujian produk melalui lab terakreditasi. Setiap produk juga memiliki kode produksi untuk memudahkan penelusuran jika terdapat kekurangan. 

Selanjutnya, untuk memastikan tepat jenis, jumlah, waktu, dan tempat, Pupuk Indonesia memastikan ketersediaan stok pupuk subsidi di tingkat distributor dan kios resmi sesuai alokasi dari pemerintah daerah setempat. Sedangkan untuk tepat harga, Pupuk Indonesia memastikan pupuk subsidi dijual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) di tingkat kios resmi. 

Adapun HET untuk pupuk Urea adalah Rp2.250 per kg, SP-36 Rp2.400 per kg, ZA Rp1.700 per kg, NPK Rp2.300 per kg, NPK untuk Kakao Rp3.300 per kg, Organik Rp800 per kg, dan pupuk organik cair Rp20.000 per liter.

Halaman:

Editor: Alkomari

Sumber: bumn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X