Proyek Pipa Gas Bumi Cisem, Mulai Dibangun Mangkang Menuju Kawasan Industri Kendal

- Selasa, 6 Desember 2022 | 17:22 WIB
Secara simbolis dimulainya pembangunan pipa gas bumi dari Mangkang Semarang menuju Kawasan Industri Kendal. (foto:ist)
Secara simbolis dimulainya pembangunan pipa gas bumi dari Mangkang Semarang menuju Kawasan Industri Kendal. (foto:ist)

POJOKSEMARANG.COM – Pembangunan pipa transmisi Cirebon - Semarang (Cisem) terus berlanjut. Kini pembangunan pipa distribusi gas bumi itu sudah mulai dari Mangkang Semarang menuju Kawasan Industri Kendal.

Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk pun  melaksanakan kegiatan first welding atau pengelasan pertama pipa distribusi menuju KIK Kendal pada Selasa, (6/12/2022).

Pembangunan pipa ini sebagai wujud nyata PGN dalam mengembangkan pemanfaatan gas bumi di daerah Semarang, Kendal, Batang, dan sekitarnya.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Pipa distribusi dari Pipa Cisem sepanjang 8 km ini, berdiameter 8 Inch dengan kapasitas pengangkutan gas sebesar 13 MMSCFD. Sama halnya dengan penyaluran gas bumi ke KIT Batang, gas bumi untuk KI Kendal bersumber dari PEPC Jambaran Tiung Biru (PEPC JTB).

Di tahap awal, gas bumi di KI Kendal berpotensi akan diserap oleh 7 pelanggan industri dengan kebutuhan kurang lebih 3,4 - 4 BBTUD.

Seremonial dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo, Plt. Asisten Deputi Migas Pertambangan dan Petrokimia Koordinator Bidang Perekonomian Sunandar, Dirjen Migas yang diwakili Koordinator Perencanaan Pembangunan Agung Kuswardono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakili Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko, perwakilan Walikota Semarang, dan Bupati Kendal, serta Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar, Direktur Utama PT JPEN Muhammad Iqbal, dan Perwakilan Direksi PT Jasamarga.

Baca Juga: PSIS Memang Meyakinkan 3-0 Atas Madura United

Wahyu Utomo mengungkapkan Kawasan Industri Kendal masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) dan PSN diharapkan selesai pada semester 1 2024. Hal ini akan sejalan dengan pembangunan jaringan transmisi dan distribusi gas bumi.

Halaman:

Editor: Alkomari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mobil Listrik Lebih Hemat, Ramah Lingkungan

Minggu, 5 Februari 2023 | 19:00 WIB

Perubahan UMB XL Axiata dari *123# ke *808#

Jumat, 3 Februari 2023 | 16:30 WIB

Digital Ethics Dibutuhkan dalam Bermedia Masa Kini

Jumat, 3 Februari 2023 | 16:00 WIB
X