• Sabtu, 10 Desember 2022

Infrastruktur Gas Bumi Mulai Masuk KITB, PGN Makin Serius Garap Pelanggan Industri

- Kamis, 17 November 2022 | 02:55 WIB
Seremoni pengelasan jaringan pipa transmisi gas bumi di KITB oleh PGN. (foto:ist)
Seremoni pengelasan jaringan pipa transmisi gas bumi di KITB oleh PGN. (foto:ist)

Jaringan transmisi pipa gas bumi mulai masuk KITB oleh PGN. (foto:ist)

POJOKSEMARANG.COM – Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, semakin menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan pasar gas bumi, terutama ke segmen pelaku industri di Jawa Tengah. Hal itu ditandai dengan mulai dibangunnya infrastrukur gas bumi menuju Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Pembangunan ini merupakan eksekusi konkret PGN dalam menyediakan energi bersih bagi kawasan industri dan mendukung utilisasi Pipa Transmisi Cirebon – Semarang yang dibangun oleh pemerintah.

Jaringan pipa distribusi ke KIT Batang yang akan dibangun berdiameter 8 inch sepanjang 7,3 Km. Dengan tekanan 17 Barg, kapasitas alir dari pipa ini sebesar 25 MMSCFD. KIT Batang berpotensi menyerap gas bumi maksimal 24,8 MMSCFD yang terdiri dari 14 tenant.

Baca Juga: Pertama Kali, Pameran Otomotif GIIAS Bakal Digelar di Semarang

Jaringan pipa gas bumi beserta infrastruktur pendukung nantinya siap on stream pada 2023, gas bumi untuk KIT Batang akan bersumber dari PEPC Jambaran Tiung Biru (JTB).

Pada Rabu, (16/11/2022), PGN melaksanakan seremoni first welding atau pengelasan pertama infrastruktur distribusi gas bumi KIT Batang yang dilakukan oleh Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar.

“Ini merupakan momentum yang sangat berarti bagi PGN dan stakeholders, dimana pengembangan infrastruktur gas bumi merupakan wujud nyata komitmen pemerintah pusat, daerah, BUMN dan swasta serta sinergi seluruh pemangku kepentingan dalam bergandengan tangan, bergotong royong dalam memulai proses penyaluran energi bersih ramah lingkungan dan ketersediaan energi yang berkelanjutan bagi Kawasan Industri Terpadu Batang." ujar Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Achmad Muchtasyar, (16/11/2022)

Achmad melanjutkan, sejalan dengan progress pembangunan Pipa Transmisi Cirebon – Semarang, terutama Ruas Semarang Batang, pembangunan pipa distribusi perlu dilakukan untuk dapat menyalurkan gas menuju KIT Batang. Artinya, pembangunan ini adalah wujud ikhtiar PGN sekaligus dukungan kepada pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur hilir untuk dapat segera menyerap pasokan gas dari berbagai sumber termasuk mendukung percepatan utilisasi dan dampak keekonomian pembangunan Pipa Cirebon Semarang.

Halaman:

Editor: Alkomari

Tags

Terkini

KAI Resmikan KA Blambangan Ekspres

Senin, 5 Desember 2022 | 19:50 WIB

PLN Siap Salurkan Listrik 50.2 MVA

Senin, 5 Desember 2022 | 18:00 WIB

JNE 32 Tahun Kobarkan Semangat Bangkit Bersama

Rabu, 30 November 2022 | 10:00 WIB
X