• Sabtu, 28 Mei 2022

Teknisi Astra Honda Motor Beberkan Tips Merawat Motor Seusai Dipakai Mudik

- Kamis, 12 Mei 2022 | 11:47 WIB
Seorang teknisi AHM sedang mengecek sepeda motor di bengkel AHASS. (foto:ist)
Seorang teknisi AHM sedang mengecek sepeda motor di bengkel AHASS. (foto:ist)

POJOKSEMARANG.COM - Kondisi sepeda motor setelah digunakan untuk perjalanan jauh selama mudik Lebaran ke kampung halaman pasti membutuhkan perawatan. Beberapa hal penting perlu dilakukan pengecekan agar kondisi sepeda motor terjaga prima kembali.

Untuk itu perlu diperhatikan beberapa tips perawatan sepeda motor sehabis dipakau mudik dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) berikut ini :  

 1.    Mencuci Motor  

Setelah sepeda motor menempuh jarak jauh, tidak dipungkiri bahwa kotoran akan menempel di body atau bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti area bawah motor atau area mesin.  

Untuk menghindari kerak yang menempel pada sepeda motor, maka sebaiknya segera dicuci. Bilas seluruh bagian motor terlebih dahulu untuk merontokan kotoran-kotoran yang menempel, lalu usap seluruh bagian motor dengan sabun khusus sepeda motor dan spon lembut. Untuk bagian yang sulit dijangkau dapat menggunakan sikat. Setelah itu bilas kembali motor dengan air bersih dan lap hingga mengering.    

2.    Ganti oli                 
Setelah menempuh perjalanan jauh disarankan untuk melakukan penggantian oli untuk tetap menjaga performa sepeda motor tetap prima. Untuk oli mesin, direkomendasikan melakukan penggantian setiap 4.000 km atau sesuai dengan jadwal yang ada pada buku service. Selain oli mesin, oli yang perlu dicek juga adalah oli gear, terutama di kendaraan bertransmisi matic. Sementara untuk oli matic masa pergantiannya setiap 8.000 km per 2 tahun.      

Baca Juga: Bale Santai Honda Sukses Temani Pemudik Yang Melintas Jalur Pantura

3.    Pengecekan Filter Udara 

Dalam melakukan perjalanan jauh pasti banyak kotoran atau debu yang menempel pada sepeda motor, termasuk pada bagian filter udara. Kondisi saringan udara yang kotor akan membuat motor menjadi tidak bertenaga dan boros bahan bakar.                  
Lakukan pengecekan filter udara apabila kondisinya sangat kotor dan gantilah dengan yang baru, untuk penggantiannya dilakukan setiap 12.000 km. Pengecekan sebaiknya dilakukan lebih sering jika sepeda motor dikendarai di daerah yang basah atau berdebu.                   

Halaman:

Editor: Alkomari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dukung UTBK, PLN Siapkan Pengamanan Berlapis

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:38 WIB

Mudik Irit dan Nyaman dengan Pilihan BBM yang Tepat

Selasa, 26 April 2022 | 15:19 WIB
X